TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia |

Masakan Kuping Babi Palsu Ditemukan di China - Harian Analisa (Blog)” plus 0 info menarik lainnya

Minggu, 20 Mei 2012

Masakan Kuping Babi Palsu Ditemukan di China - Harian Analisa (Blog)” plus 0 info menarik lainnya


Masakan Kuping Babi Palsu Ditemukan di China - Harian Analisa (Blog)

Posted: 20 May 2012 09:59 AM PDT

BARANGKALI Anda pernah mendengar beredarnya di pasaran telur palsu dan berbagai produk olahan yang sudah tidak sehat lagi dikonsmsi. Belakangan ini di China terdengar pula adanya penjualan kuping babi palsu. Kuping babi merupakan makanan populer di China dengan salah satu resep terkenalnya adalah cengcengcui yang berarti "renyah lapis demi lapis".

Pihak kepolisian di China kini dibuat repot dan tengah melakukan penyelidikan terhadap penemuan kuping babi palsu yang dilaporkan terbuat dari gelatin.

Media China mengatakan kuping buatan itu ditemukan di satu pasar di Guangzhou, yaitu di Provinsi Jiangxi setelah seorang konsumen mengeluh telinga babi palsu itu terasa bau saat dimasak.

Pejabat keamanan pangan setempatpun kemudian memeriksa "kuping-kuping" itu dan menyebutkan bahwa telinga itu terbuat dari gelatin dan bahan kimia sodium oleate, yang biasa digunakan untuk membuat sabun.

Pemerintah China berulang kali berjanji untuk meningkatkan keamanan pangan karena penduduk semakin banyak yang khawatir atas kualitas makanan yang mereka konsumsi.

Namun sejumlah skandal masih terjadi karena lemahnya pengawasan.

Plastik

Foto-foto yang diterbitkan di internet menunjukkan para pejabat daerah tengah memeriksa satu kotak kuping palsu yang terlihat berwarna coklat muda dengan tekstur terlihat terbuat dari plastik. Suratkabar China Daily mengutip seorang pakar yang menjelaskan tentang cara mengetahui apakah kuping babi yang dibeli asli atau palsu.

Pakar itu mengatakan kuping babi asli pasti memiliki bulu dan pembuluh darah kecil.

Penyelidikan tentang kuping babi palsu ini dilakukan di tengah pemeriksaan terhadap seorang penjual sayur di Provinsi Shandong karena menyemprot daun kol dengan bahan kimia agar terlihat segar.

Tahun lalu, pemerintah menahan lebih dari 30 orang karena menjual minyak goreng dari sisa makanan yang diambil dari saluran pembuangan.

Pada tahun 2008, yang menjadi masalah besar adalah susu bubuk yang dicampur dengan bahan kimia melamin agar terlihat tinggi kandungan proteinnya. (ebn/elz)

 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposting oleh Rakhma di 15.13  

0 komentar:

Posting Komentar