TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia |

Masakan Bali perlu dibuatkan standar - ANTARA” plus 0 info menarik lainnya

Sabtu, 26 Mei 2012

Masakan Bali perlu dibuatkan standar - ANTARA” plus 0 info menarik lainnya


Masakan Bali perlu dibuatkan standar - ANTARA

Posted: 26 May 2012 02:35 AM PDT

Dia menjadi pembicara pada seminar kuliner yang dilaksanakan oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, di Denpasar, Sabtu.

Kuliner Bali dengan cita rasa khas yang pedas dan menggunakan berbagai rempah-rempah, lanjut dia, sesungguhnya tak menjadi masalah bagi wisatawan.

"Banyak turis yang datang ke Bali mau coba masakan daerah, hanya saja sangat sedikit restoran yang menyediakan dan tidak ada hotel yang menyajikan kuliner khas Bali," ucapnya yang telah menetap di Bali 20 tahun itu.

Intinya, sebagai upaya memperkenalkan masakan Bali tetap diperlukan resep dan standar, sehingga antara satu hotel dan restoran dengan yang lainnya tidak memberikan perbedaan rasa yang mencolok.

"Mau hari ini, besok, dan tahun depan; mereka merasakan hal sama," ucap von Holzen, yang juga pemilik Restoran Bumbu Bali itu.

Sementara itu, Janet de Neefe, pembicara lainnya yang merupakan warga Australia, pemilik restoran Casa Luna dan Indus mengatakan, kondisinya saat ini terlihat orang Bali sendiri masih merasa malu masakannya ada di hotel.

"Padahal seperti di restoran saya, bule-bule senang sekali dengan masakan Bali yang berbahan dasar ikan. Ini sesungguhnya potensi yang baik untuk dikembangkan," kata Janet yang sudah dua dekade tinggal di Pulau Dewata.

Ketua GIPI Bali, Ida Bagus Ngurah Wijaya, menyampaikan dengan seminar semacam ini diharapkan menjadi sarana menginisiasikan teknologi dalam memasak masakan Bali. (*)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposting oleh Rakhma di 15.37  

0 komentar:

Posting Komentar