TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia |

Memasak Ajarkan Anak Banyak Hal, Yuk Ajak ke Dapur - Republika Online” plus 2 info menarik lainnya

Sabtu, 07 April 2012

Memasak Ajarkan Anak Banyak Hal, Yuk Ajak ke Dapur - Republika Online” plus 2 info menarik lainnya


Memasak Ajarkan Anak Banyak Hal, Yuk Ajak ke Dapur - Republika Online

Posted: 06 Apr 2012 09:09 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sering terganggu oleh si kecil ketika ibu sedang memasak atau menyiapkan hidangan di dapur? Atau bahkan merasa jengkel ketika anak mulai memberikan kritikan tentang masakan yang anda buat.

Itu justru kabar baik karena kegiatan memasak memang sesuatu yang menarik bagi anak. Lebih dari itu jika ibu cermat maka memasak bersama anak dapat mengenalkan mereka kepada berbagai macam sayuran, buah, bumbu masak berikut manfaatnya.
 
Esther Boylan Wolfson, praktisi tumbuh kembang anak usia dini mengatakan masak bersama anak sangat menyenangkan meski Esther pun mengakui anak-anak pasti akan membuat suasana menjadi kacau dan dapur berantakan. Waktu memasak akan lebih lama apalagi ketika anak mulai mengacau resep. Namun jika ibu bersabar semua hal tersebut tergantikan dengan banyak hal yang bisa dipelajari anak dari memasak.
 
Kegiatan memasak mulai menarik perhatian anak usia dua tahun ke atas. Meski bentuk keterlibatan dan pembelajaran akan  berbeda pada anak usia dua tahun dengan yang lima tahun, namun keduanya dapat terlibat dalam proses memasak. Sehingga memasak bersama anak akan menjadi proses belajar sekaligus waktu untuk bersenang-senang.

Kegiatan ini pun tak terikat pada gender anak. Biarkan bocah lelaki anda memiliki antusias di dapur sama besarnya seperti saudara perempuannya. Jika perlu lakukan ini sebagai kegiatan bersama seluruh anggota keluarga.
 
Banyak cara yang dapat dilakukan agar hidangan makan malam tetap tersaji meski anda menyiapkannya bersama anak. Langkah-langkahnya antara lain:
 
1. Ajarkan anak terlebih tentang tentang resep. Katakan bahwa resep adalah petunujuk ketika memasak yang harus diikuti.  Anak akan belajar bahwa Anda harus membaca petunjuk dan mengikutinya agar hasilnya masakannya  enak dan menarik. 
 
2. Mengajarkan matematika sederhana. Jelaskan perbandingan jumlah takaran.  Mana lebih banyak,  setengah cangkir tepung atau satu cangkir? Anda juja dapat mengajarkan mana yang lebih besar sendok teh atau sendok makan. Atau berapa kali setengah cangkir untuk mendapatkan satu cangkir? Melalui cara ini Anda dapat mengembangkan kemampuan mengurutkan sesuatu dengan benar.
 
3.  Ketajaman panca indera.  Untuk melatih kepekaan panca indera anak gunakan bahan masakan dengan berbagai tekstur, bentuk, rasa dan aroma. Anda juga dapat menjelaskan fungsi masing-masing panca indera. Jelaskan kulit sebagai indera peraba, biarkan anak merasakan perbedaan antara beras dan kacang-kacangan. Dengan membedakan rasa garam dan gula, Anda mengajarkan lidah sebagai indera perasa. Begitu juga ketika Anda membiarkan anak membaui perbedaan berbagai rempah-rempah dengan wanginya serbuk vanili.
 
4. Memperkaya kosakata.  Tingkatkan kemampuan bahasa anak dengan memperkenalkan berbagai bahan makanan dan alat memasak atau apapun yang ada di dapur. Tepung, gula, dan telur mungkin sesuatu yang tidak asing dimata dan pendengaran Anda, tapi semua itu menjadi sesuatu yang baru bagi anak usia tiga tahun.
 
5. Pengembangan konsep. Tingkatkan pengetahuan anak Anda mengenai beberapa konsep. Keras dan lunak. Cair dan padat. Panas dan dingin, mentah atau matang, di luar atau di dalam mangkuk, cepat-lambat, dll.
 
6.  Mengajarkan anak tentang hubungan sebab-akibat. Tingkatkan kemampuan anak untuk menjawab pertanyaan seperti,  "Apa yang terjadi jika air putih ditambahkan jus buah? Atau buah pisang diganti dengan strawberi?" Dengan begini anak  belajar bagaimana menambahkan,  mengambil atau mengubah salah satu bahan ternyata mengubah seluruh produk.
 
7. Kerjasama.
  Kegiatan memasak ternyata dapat meningkatkan kemampuan anak Anda untuk dapat bekerja sama dengan teman-temannya. ini juga termasuk melatih anak untuk bersabar menunggu gilirannya dan bersenang-senang dengan aktifitasnya.
 
Terdengar menarik bukan? Dengan melakukan satu aktifitas Anda ternyata telah dapat mengajarkan dan meningkatkan berbagai kemampuan anak. Dengan begitu keseimbangan antara otak kanan dan kiri anak terjaga dan anak tumbuh dengan kemampuan dan kecerdasan yang beragam.
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Variasi Camilan dari Prancis - Koran Sindo

Posted: 06 Apr 2012 01:09 PM PDT


"Kue dan pastry dari negeri kami tak ada duanya.Karakteristiknya adalah menggunakan banyak krim dan butter, seperti cream cheese.Meski begitu,dinikmatinya tetap 'ringan' dan segar.Kuncinya adalah menggunakan bahan yang segar dan alami," kata Master Pastry Chef Jean-Francois Arnaud kepada SINDOdalam wawancara khusus di Fonterra Foodservices Jakarta.

Pada kedatangannya ke Indonesia kali ini,konsultan bidang pastry ini menampilkan beberapa resep cake dan pastryPrancis dalam sebuah kelas masak.Crème brulee choux hadir sebagai salah satu resep yang didemonstrasikan.Dinamakan pastry chouxlantaran adonan yang dibuat menggunakan bahan-bahan, seperti mentega,air,tepung terigu, dan telur,di samping gula dan garam yang juga ditambahkan dalam adonan.

Adonan ini sering disebut sebagai choux pastekarena teksturnya yang tidak padat seperti adonan lain atau menyerupai pasta.Adonan ini dapat dicetak menjadi berbagai macam bentuk serta merupakan adonan dasar dari pembuatan kue sus,éclair,dan cruller.Ketika dipanggang,telur membuat adonan menjadi kopong sehingga dapat diisi dengan krim berbagai rasa. Macaroonyang tengah boomingdi Jakarta juga turut ditampilkan dalam demo masak itu.

Padahal,sebenarnya macaroonsudah menjadi camilan khas tradisional Prancis sejak dulu,sambil menikmati secangkir teh hangat di sore hari. "Sayang,di Jakarta macaroon hanya bisa ditemukan di beberapa toko kue.Kalaupun ada,sebenarnya itu adalah meringuebukan macaroon," kata Denny Herdian Ardiwinata,National Trade Marketing Manager Fonterra Foodservices. Jean juga memberikan resep macaroonyang ternyata amat sederhana,yakni icing sugar,bubuk almond,putih telur,gula, dan air.

Pada kesempatan tersebut,Jean juga mempraktikkan resep basil and strawberry cake.Umumnya daun basil digunakan untuk bahan masakan.Namun,di tangan Jean, daun basil bisa diaplikasikan pada cake. Di samping basil,daun lain yang bisa digunakan untuk membuat cake adalah daun mint. Aroma khas daun basil menjadikan cake terasa lebih segar,apalagi jika ditambah dengan jeruk lemon. Passion raspberry cheese mousse, chocolate dacquoise,dancaramelia turut ditampilkan.

Cakeyang tampilannya amat memikat ini ternyata cara pembuatannya cukup njelimet.Sebab,cake terdiri atas beberapa lapisan yang terbuat dari bahan berbeda.Yang kita tahu pasti tinggal makannya saja kan? Namun, jam terbang yang panjang memang amat tampak dari performa Jean saat membuat cake-cake tersebut. Dengan terampil dia membuat satu per satu lapisan dan sambil menunggu setiap lapisan matang, dia mengerjakan resep lain. sri noviarni           

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Ada Pallubasa di Festival Kuliner Lotte Mart - Fajar

Posted: 04 Apr 2012 06:10 PM PDT

Kamis, 05 April 2012 | 23:40:55 WITA | 181 HITS
Ada Pallubasa di Festival Kuliner Lotte Mart

MAKASSAR, FAJAR -- Pallubasa sebagai masakan khas tertua Makassar juga disajikan di Festival Kuliner Lotte Mart. Makanan khas berbahan dasar daging sapi ini sangat sempurna dengan paduan nasi putih panas.

Peracik Pallubasa, H Ahmad, yang ditemui di stannya kemarin mengatakan racikan pallubasa yang disajikan pada Festival Kuliner Lotte Mart yang akan berlangsung hingga 8 April itu mempunyai ciri khas.

"Bahan-bahannya memang sama pada umumnya, namun resep yang saya gunakan masih racikan lama seperti pada pembuatan pallubasa tahun 1988 yang masih menggunakan daging kerbau pada waktu itu," jelas peracik pallubasa sejak tahun 1988 itu.

Dia menjelaskan, selain kuahnya yang diolah dengan perpaduan bumbu khas, daging sapi sebagai bahan dasar yang disajikan juga sangat empuk.

"Siapa saja boleh masak pallu basa, tapi rasanya jelas beda antara yang satu dengan yang lain," lanjut dia, di Makassar, Rabu, 4 April.

Makanya bagi Anda penggemar masakan tradisional, silakan berkunjung ke Lotte Mart di Jalan Alauddin. Menariknya lagi, bagi pengunjung yang menyempatkan berbelanja. Hanya dengan memperlihatkan struk belanjaan, anda bisa langsung menikmati segarnya panta orage yang disediakan penyelenggara.

Ada juga demo masak dari para chef hotel yang siap memberikan informasi seputar resep masakan.  "Hari ini (kemarin, red) yang akan melakukan demo masak yakni chef Hary dari Grand Clarion. Besok (hari ini, red) juga akan ada dari hotel berbintang lainnya di Makassar, tapi masih rahasia," ungkap panitia pelaksana, Wahyu. (iad/pap)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposting oleh Rakhma di 15.38  

0 komentar:

Posting Komentar