TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia |

Kelezatan Asli 'The Sundanese Secret' dari Tanah Pasundan - Detikcom” plus 1 info menarik lainnya

Senin, 12 Maret 2012

Kelezatan Asli 'The Sundanese Secret' dari Tanah Pasundan - Detikcom” plus 1 info menarik lainnya


Kelezatan Asli 'The Sundanese Secret' dari Tanah Pasundan - Detikcom

Posted: 11 Mar 2012 05:48 PM PDT

Senin, 12/03/2012 07:42 WIB

Fitria Rahmadianti - detikFood

Kelezatan Asli 'The Sundanese Secret' dari Tanah Pasundan
Foto: JW Marriott Jakarta
Jakarta - Kalau kangen pais oncom dan sambal kecombrang yang sedap siang ini, mampirlah ke resto berbintang ini. Beragam hidangan khas Sunda disajikan hangat dengan racikan resep asli. Soto Bandung, uleketuek oncom, hingga bajigur bisa dicicipi sepuas hati.

Selain masakan Padang, hidangan Sunda merupakan makanan tradisional yang paling populer. Kuliner khas Jawa Barat ini banyak tersedia di warung makan sederhana dan restoran kelas menengah. Karena itulah tim chef Sailendra Restaurant, hotel JW Marriott Jakarta mengangkatnya sebagai salah satu promosi bulan Maret ini.

Promosi kuliner yang bertema 'The Sundanese Secret' digelar mulai 9-18 Maret 2012. Ada beragam hidangan khas Sunda yang disajikan. Mulai dari aneka pais (pepes), beragam hidangan gorengan (ikan, seafood, ayam) hingga jajanan khas.

Untuk rasa klasik ada beragam pilihan seperti ayam goreng Sukabumi, gepuk, dan ikan mas pesmol. Jika ingin yang berkuah, cicipi empal gentongatau soto Bandung. Jangan lewatkan sate udang dan cumi goreng garing, ikan mas, tahu tempe dan seafood.

Bagi yang menghindari daging, masakan Sunda juga banyak menggunakan sayur-sayuran. Rasakan nikmatnya karedok yang menggunakan bahan-bahan segar dan diracik saat dipesan. Juga bermacam-macam lalapan segar atau tumis genjer yang sedap.

Masakan Sunda kurang lengkap jika tanpa sambal. Di Sailendra Restaurant, ada lebih dari 10 macam sambal yang tersedia yang disajikan segar. Sambal oncom, sambal cabai hijau, sambal tomat, sambal oncom, sambal terasi, sambal rias/honje dan lain-lain. Baik yang tidak pedas maupun sangat pedas.

Sebagai penutup pun tersedia, serabi Bandung, wajik, combro, misro, kue lapis, dan lain-lain. Jangan lupa cicipi pula hangat manis bajigur yang wangi semerbak dan legit.

The Sundanese Secret tersedia untuk santap siang dan makan malam dengan harga Rp 258,000++, sedangkan untuk anak-anak berumur 6-12 tahun hanya perlu membayar setengahnya. Jika ingin menikmati kelezatan hidangan Sunda dengan makan sepuas hati, bisa menghubungi (021) 5798 8888.

(Odi/Odi)

Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Redaksi: detikfood[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi email : sales[at]detik.com

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

KULINER JOGJA: Nasi Campur Indonesia Ala Bu Ageng - Solopos

Posted: 10 Mar 2012 08:28 PM PST

Nasi Campur Indonesia (JIBI/HARIAN JOGJA/RENI DIAN NATALIA)

JOGJA—Bagi penggemar masakan rumah namun tidak sempat memasak sediri, bisa mencoba sajian makanan rumahan di warung masakan omah, Bu Ageng Jalan Tirtodipuran Nomor 12, Mantrijeron, Jogja.

Menurut pemilik rumah makan ini, Rulyani, 52, istri budayawan Butet Kartarajasa, semua masakan di Bu Ageng adalah masakan yang biasa disajikan untuk keluarganya. Salah satunya adalah nasi campur Indonesia.

"Sebenarnya masakan ini adalah masakan campuran antara masakan Kalimantan dan Jawa, namun bahan bakunya diambil dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga suami saya suka menyebutnya sebagai nasi campur Indonesia," jelas Rulyani ketika ditemui di warungnya pekan lalu.

Nasi campur jadi menu andalan. Berisi abon, sambal kutai, sambal goreng kentang kering, telur dadar dadu, paru ketumbar, ikan asin dan lempeng legendar. Menurut Ruliyani, nasi ini terinspirasi nasi wardani dari Bali.

Semua resep makanan Bu Ageng adalah asli buatan Rulyani. Ia yang asli dari Kalimantan namun telah lama tinggal di Jogja ini menggabungkan rasa dari kedua daerah sehingga menjadi istimewa. Menurutnya, bahan-bahan yang ada di dalam nasi campur memang dibuat dengan porsi kecil agar bisa dinikmati dengan pas sehingga tidak menimbulkan sisa.

Apalagi beberapa bahan pembuatannya cukup rumit, seperti abon ikan dan telur padang pembuatannya bisa sampai 1,5 jam sehingga disajikan dalam porsi kecil namun pas sebagai lauk.

Untuk minuman spesialnya, Bu Ageng menyajikan es kopyor duren. Semuanya hasil kreasi Rulyani. Es kopyor duren sendiri berisi kelapa kopyor dicampur dengan durian yang diberi santan. Segar dan cocok dinikmati di siang yang terik.

Bu Ageng buka Selasa-Minggu pukul 11.00-23.00 WIB. Untuk harga makanan mulai Rp5.000-Rp12.000. Minuman mulai Rp2.000-Rp15.000. (ali)

Editor: | Dalam Berita Pilihan,Kuliner

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposting oleh Rakhma di 15.16  

0 komentar:

Posting Komentar