TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia |

Buku Resep Dessert, Dijamin Pasti Sukses! - KOMPAS.com” plus 1 info menarik lainnya

Selasa, 09 Agustus 2011

Buku Resep Dessert, Dijamin Pasti Sukses! - KOMPAS.com” plus 1 info menarik lainnya


Buku Resep Dessert, Dijamin Pasti Sukses! - KOMPAS.com

Posted: 09 Aug 2011 08:58 AM PDT

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, buku resep digunakan sebagai sumber inspirasi dalam mengolah makanan. Bagi sebagian yang lain, pada dasarnya resep-resep makanan disusun untuk memandu orang yang semula tidak bisa memasak, jadi bisa memasak. Sayangnya, si penyusun buku resep mungkin tidak mempertimbangkan latar belakang dan tingkat kemampuan pembaca bukunya dalam mengolah makanan. Akibatnya, bahan makanan yang digunakan termasuk sulit dicari; langkah-langkah dalam memasak pun dirasa terlalu sulit untuk diikuti.

Tidak demikian dengan buku 60 Resep Dessert & Minuman AntiGagal, yang disusun oleh Fatmah Bahalwan dan Tim Natural Cooking Club ini. Seperti Anda tahun, Natural Cooking Club atau NCC awalnya adalah milis memasak yang didirikan oleh pasangan suami-istri, Fatmah dan Wisnu Ali Martono pada 15 Januari 2005. NCC lalu berkembang menjadi komunitas memasak yang memiliki 11.000 anggota, dan memiliki berbagai aktivitas rutin seperti kursus kuliner, HomeMade Food Fiesta, Tour d'Toko, Tour d'Pasar, Cooking & Baking Party, kursus food photography, kursus manajemen katering, dan lain sebagainya.

Banyak dari anggota komunitas ini awalnya tidak bisa memasak, namun akhirnya berhasil menjadi pengusaha kue rumahan yang memiliki penghasilan dari dapur rumah mereka sendiri. Berdasarkan pengalaman itulah, Fatmah berhasil menyusun buku yang langkah-langkah memasaknya diklaim tak mungkin gagal ini. Resep yang ditampilkan dalam buku inipun sudah diuji ratusan, bahkan ribuan kali oleh anggota komunitas penggila kuliner ini. Jadi, Anda pun pasti akan berhasil!

Buku setebal 144 halaman ini menjelaskan empat faktor penentu keberhasilan di dapur, yaitu bahan, alat, resep, dan keterampilan, serta membagikan informasi mengenai apapun yang tidak pernah disebutkan dalam resep pada umumnya. Misalnya, apakah bahan dan alat yang Anda gunakan sudah baik? Atau, apa yang dimaksud dengan air kapur sirih? Terkesan remeh, namun ternyata hal-hal ini dalam praktiknya juga bisa membuat pembaca bingung.

Buku 60 Dessert & Minuman AntiGagal ini melengkapi lima buku lain yang telah diterbitkan oleh tim NCC, yaitu Snack Manis & Gurih AntiGagal, Cake & Cookies AntiGagal, Masakan Favorit AntiGagal, Cake Decorating dengan Fondant, dan Cake Decorating dengan Butter Cream.

Buku ini juga diluncurkan bersamaan dengan buku Food Photography Made Easy, yang disusun oleh kelompok Empat Rana. Mereka beranggotakan Riana Ambarsari, Dita Wistarini, Arfi Binsted, dan Irra Fachriyanthi, yang semuanya merupakan food blogger. Berawal dari kecintaan mereka memasak dan mendokumentasikan hasil masakan mereka di blog, akhirnya mereka berniat serius menekuni food photography. Kini mereka tak hanya menghasilkan uang dari memasak dan menjadi food photographer, namun juga menjuarai berbagai kontes food photography di tingkat internasional dan menjadi juri untuk berbagai kontes serupa.

Buku ini mereka luncurkan karena ingin berbagi ilmu untuk Anda yang memiliki passion yang sama.

Sent from Indosat BlackBerry powered by

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Gugah Selera Lewat Kenikmatan Ayam Tulang Lunak - Harian Sumut Pos

Posted: 08 Aug 2011 10:32 PM PDT

Dari Kampoeng Ramadan

Sepintas, daging ayam bisa di bilang sebagai salah bahan makanan yang banyak di konsumsi masyarakat. Selain mudah didapat, daging ayam juga memiliki berbagai ragam yang bisa dijadikan sebagai menu masakan.

Namun ada menu baru untuk bisa menikmati daging ayam di tambah gurihnya tulang yang lunak. Buk Raden Heffy Ramadhan, selaku pemilik stan di Kampoeng Ramadan memberi nama menu masakan tersebut dengan nama, ayam tulang lunak, sesuai nama dari kampung asalnya, Jawa Barat.

"Ini resep masakan yang saya dapat ketika saya lagi di Bandung, saat itu saudara saya nanya, mau ga makan ayam yang tulangnya bisa di makan, saya jadi penasaran dan langsung nyobain, ternyata memang enak sehingga saya penasaran dan mencontoh cara membuatnya," kenang Reffy.

Menurut Heffy, di kota Bandung tidak sulit menemukan para pedagang ayam tulang lunak yang bisa di dapati di kaki lima. Namun untuk di kota Medan menurut Reffy, baru dirinya yang menjual ayam tulang lunak tersebut.

Menu yang banyak terdapat di warung di daerah Jawa ini memiliki cita rasa khas, selain daging lebih kenyal karena berbahan ayam kampung, ayam bakar tulang lunak juga dimasak dengan menggunakan berbagai aneka bumbu rempah.
Sehingga terasa lebih gurih,dengan cita rasa asli dari daerah asalnya melalui modifikasi tentunya dengan citarasa yang sesuai dengan lidah masyarakat medan kebanyakan. "Karena di Bandung rasa ayamnya lebih cenderung manis-manis, jadi saya modifikasi dengan menambahkan cabe sehingga terasa lebih pedas sesuai selera orang Medan," sebutnya.
Untuk penyajianya, bilang  Reffy, selain ditambah dengan sambal khas Medan sambal belacan, tahu tempe goreng dan selada, menambah keragaman menu makanan yang mengundah selera.

Untuk mendapatkan satu porsi ayam bakar tulang lunak ini, dibutuhkan waktu lebih lama dibanding ayam bakar biasa, karena proses memasaknya yang membutuhkan tiga tahapan.

Sebelum dibakar, ayam kampung yang akan dimasak terlebih dahulu dikukus dengan campuran bumbu rempah. Setelah melewati proses kukus, ayam selanjutnya digoreng dengan campuran telur.

Ayam kampung yang telah digoreng, kemudian ditiriskan dan dibakar dengan campuran kecap manis dan lombok sekitar 15 menit dan setelah itu langsung bisa dinikmati dengan harga Rp15 ribu per porsinya jika menambahkan nasi dan hanya Rp10 ribu tanpa nasi.

Soal rasa, jangan ditanya, karena perpaduan rasa gurih daging ayam menyatu dengan rasa tulangnya yang lunak serta tambahan bumbu alami. Bagi penikmat kuliner, untuk dapat merasakan nikmatnya ayam tulang lunak, bisa langsung mendapatkannnya di kampoeng ramadhan ataupun bisa lewat pesanan. (uma)


YM

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Diposting oleh Rakhma di 15.43  

0 komentar:

Posting Komentar