TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia |

Fatmah pantang lelah berbagi ilmu pembuatan dan bisnis kue - Kontan” plus 1 info menarik lainnya

Jumat, 20 Mei 2011

Fatmah pantang lelah berbagi ilmu pembuatan dan bisnis kue - Kontan” plus 1 info menarik lainnya


Fatmah pantang lelah berbagi ilmu pembuatan dan bisnis kue - Kontan

Posted: 20 May 2011 01:21 AM PDT

Dari dapur rumahnya, Fatmah Bahalwan membagi kepiawaiannya memasak dengan mendirikan Natural Cooking Club (NCC). Ini adalah milis yang menjadi wadah diskusi dan belajar bagi orang yang ingin tahu memasak. Dari sini pula, 300 wirausaha kuliner lahir. Fatmah juga berhasil memberi tambahan penghasilan bagi lingkungan sekitarnya.

Fatmah Bahalwan tak pernah menyangka bahwa hobinya memasak bakal melahirkan banyak pelaku bisnis kuliner seperti sekarang. Saat ini, tercatat ada 300 wirausaha kuliner lahir dari milis yang dibuatnya, yakni Natural Cooking Club (NCC).

Padahal, awalnya, ia hanya ingin mendongkrak penghasilan keluarga yang saat itu terbilang pas-pasan. Fatmah yang kala itu bekerja di sebuah bank swasta merasa penghasilannya bersama suami tak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Krisis ekonomi tahun 2008 makin memperburuk kondisi keuangan ibu tiga anak ini.

Bunga pinjaman yang tinggi hingga harga makanan yang naik membuatnya harus memutar otak mencari penghasilan tambahan. Apalagi, "Saya tak ingin menurunkan kualitas hidup," ujar Fatmah yang kala itu belum tahu apa yang harus diperbuat untuk mendongkrak penghasilannya.

Ia pun teringat kemampuannya membuat anek panganan, semisal kroket dan lemper. Fatmah mendapat keahlian itu kala masih tinggal di Brebes dan kerap memasak bagi tetangganya yang sedang hajatan. Dia pun bertekad usaha pembuatan kue ini sebagai penopang biaya hidup keluarga.

Fatmah bangun jam 04.00 pagi untuk mulai membuat kue dan menjualnya ke rekan-rekan kantor. Kue pertama yang ia jual adalah brownies panggang. "Banyak rekan kantor yang memuji kue saya itu," ujarnya mengenang.

Tak lupa, Fatmah berpesan agar teman-temannya kembali membeli kuenya lagi keesokan harinya. Sejak saat itu juga, tiap Jumat, Fatmah berjualan kue tape keju di kantornya. Dia memasang harga sepotong kue Rp 1.000.

Biar pesanan terus mengalir, Fatmah gencar mempromosikan usahanya kepada kawan dan kolega, serta tetangga. Bahkan Fatmah memberanikan diri mempromosikan usahanya kepada beberapa penumpang bus saat ia pulang kerja.

Keahlian Fatmah membuat kue mulai tenar di kalangan rekan-rekannya. Banyak di antara mereka mulai memesan kue kepada Fatmah. Bahkan berbagai acara dan perayaan di kantornya juga memesan kue darinya.

Fatmah mulai kelabakan memenuhi semua pesanan. Dia lantas meminta bantuan para ibu rumah tangga di sekitar rumahnya. Dia berbagai hasil penjualan dengan para tetangganya.

Lama-kelamaan, dia menikmati usaha barunya itu. "Saya merasa ternyata memasak kue lebih baik dibanding bekerja kantoran," ujarnya mengenang. Apalagi, ia bisa mengerjakannya di rumah sambil mengurus anak-anaknya.

Pada Oktober 2004 Fatmah lantas memutuskan keluar dari kantor. Ia ingin fokus terjun ke bisnis masak-memasak dari rumahnya di bilangan Matraman, Jakarta Timur. Saat itu, ia juga berniat membuka kursus masak di rumahnya.

Niat ini muncul lantaran satu peristiwa yang sampai saat ini masih terekam jelas di kepalanya. Pernah satu kali, saat masih bekerja di bank, Fatmah ingin membuat chiffon cake. Ia lantas bertanya ke seorang kawan yang sudah lama dikenalnya.

Rupanya si kawan ini tidak mau memberikan resep. Pergilah Fatmah mencari resep chiffon cake sampai di sebuah tempat kursus kue di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Di sana, ia bertemu seorang ibu yang dengan senang hati membagi resep chiffon cake-nya. "Dari situ saya berjanji akan memberitahu segala resep masakan kepada seluruh dunia," tutur Fatmah, mengenang.

Atas bantuannya suami Fatmah, Wisnu Ali Martono, Fatmah membuat mailing list (milis) Natural Cooking Club (NCC) pada Januari 2005. Di milis itu. semua anggota bebas berdiskusi tentang masakan, mulai dari resep, cara membuat, alat memasak, hingga tempat murah memperoleh bahan masakan.

Di awal berjalan, milis NCC hanya punya empat anggota saja. Adapun kelas kursus masak pertama yang diadakan Fatmah baru diikuti enam orang saja. Namun, seiring dengan waktu, anggota NCC terus bertambah. "Segala info masak yang biasanya dirahasiakan, kami bahas tuntas di milis," ujarnya. Ia pun bersemangat membagi pengalaman memanfaatkan dapur untuk mencetak uang.

Sampai saat ini milis NCC sudah memiliki 10.000 anggota. Dari sini pula, Fatmah tak menyangka kalau kemudian lahir wirausaha-wirausaha baru. Fatmah mencatat, ada 300 anggota NCC yang sudah jadi wirausaha makanan, mulai membuka usaha kue, snack, hingga katering masakan.

Kebanyakan dari mereka menawarkan hasil masakannya lewat online. "Mereka bisa jualan makanan tanpa harus punya toko bakery dan restoran," ujar perempuan kelahiran Wonosobo, 15 Januari 1964.

Di Madiun, misalnya. Seorang pria yang ikut milis NCC keluar dari pekerjaannya dan membangun usaha pembuatan bumbu pecel.

Dari tempat kursus di rumah Fatmah, muncul pula orang-orang berprofesi baru. Para pemuda yang tinggal di sekitar rumah Fatmah menjadi kurir kue. "Saya kesulitan mengantar kue. Jadi saya minta bantuan ke pemuda sini yang punya sepeda motor untuk antar kue," ujarnya. Ongkos kirim kue menjadi pendapatan mereka.

Ada pula kurir belanja yang bertugas mengambil bahan masakan yang dipesan Fatmah lewat internet banking. Total, Fatmah memiliki lima kurir antar kue dan kurir belanja.

Beberapa peserta kursus NCC juga ada yang menjadi food stylist dan food photographer. Fatmah menggandeng Riana Ambarsari, seorang food photographer yang mengajari para peserta kursus yang tertarik menjepret makanan. Profesi ini tumbuh di NCC lantaran NCC butuh dokumentasi masakan yang dibuat para peserta kursus. Adapun, food stylist lahir karena peserta kursus ingin menciptakan makanan dengan bentuk yang menggugah selera. "Saya tak pernah menyangka perkembangan NCC secepat ini," ujarnya.

Sampai saat ini, NCC masih berkembang. Setiap hari, Fatmah mendapat 10 permintaan yang ingin masuk milis NCC. Selain itu, masih banyak orang yang ingin kursus masak di NCC. Makanya, tiap hari, Fatmah mengadakan kelas memasak di rumahnya, mulai dari menghias cup cakes, membuat klappertaart, hingga jajanan pasar.

Tak lelah, Fatmah juga kerap sering mendatangi komunitas kecil NCC yang memintanya datang membagi ilmu kuliner. "Saya senang karena banyak orang sukses dari dapur rumahnya sendiri," ujarnya bangga.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Cheryl Cole hobi nonton sinetron - Waspada Online

Posted: 19 May 2011 07:44 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]


Cheryl Cole hobi nonton sinetron
Waspada Online
Ternyata, Cheryl hobi menghabiskan waktu berlama-lama di dapur untuk mencoba resep masakan baru. "Selain itu, saya suka berlama-lama berada di dapur dan mencoba resep masakan baru. Saya rasa memasak adalah terapi yang bagus. namun, saya tidak terlalu ...

Diposting oleh Rakhma di 15.26  

0 komentar:

Posting Komentar