TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia |

Berburu Resep Warisan Ibu - KOMPAS.com” plus 0 info menarik lainnya

Kamis, 25 November 2010

Berburu Resep Warisan Ibu - KOMPAS.com” plus 0 info menarik lainnya


Berburu Resep Warisan Ibu - KOMPAS.com

Posted: 25 Nov 2010 01:29 AM PST

KOMPAS.com - Di era internet seperti sekarang ini, membutuhkan resep masakan bukan sesuatu yang memusingkan kepala. Banyak situs dan milis yang siap berbagi resep gratis. Mulai dari resep  yang sederhana hingga yang rumit.  Dari resep tradisional hingga masakan luar negeri. Semua tersedia lengkap, bahkan beberapa situs tak sekadar menyajikan resepnya, tapi juga step by step, lengkap dengan tutorial videonya.

Salah satu situs di Indonesia adalah www.resepmasakanku.com. Situs ini mengklaim punya database lebih dari 3.562.000 resep masakan. Belum termasuk tip-tip memasaknya. Sayang dalam disclaimer situs itu tak dijelaskan apakah semua resep sudah diuji coba atau belum, meski sebagian besar resepnya disertai foto.

Hanya saja, jika resep itu diambil dari situs lain atau blog orang, pengelola berjanji akan menuliskan sumbernya. Ada 10 kategori resep di situs itu. Ada Resep Masakan Indonesia, Barat, Cina, Jepang, Spesial Lebaran, Valentine, Kue, Sup, Minuman, dan Es Krim. Ada juga menu lain yang cukup menarik, yaitu resep dalam video.

Tip-tip memasak juga wajib Anda tengok. Meski koleksinya sedikit, tapi lumayan untuk menambah wawasan. Sayang, meski mengklaim punya ribuan resep, situs ini tampilannya kurang menarik. Pengelolanya juga tidak "unjuk gigi" untuk memperkenalkan diri.

Tampilan www.foods-recipe.com lebih ciamik. Pengategorian resepnya juga lebih simpel. Ada masakan Indonesia, Asia, Eropa, Kue, Minuman, dan Hidangan Anak. Yang menarik, situs ini juga menyediakan informasi khusus tempat jajan. Meski database-nya belum banyak, menu ini cukup menjadi panduan ketika ingin mengudap di luar.

Anda juga bisa berbagi resep di situs ini. Cukup kirimkan resep dan foto lewat formulir yang sudah disediakan. Pengelola akan segera menampilkannya di halaman situs tadi.

Namun, situs ini juga tidak menjelaskan apakah semua resep yang ditampilkan sudah diuji coba atau belum, meski dilengkapi foto yang di-watermark di situsnya. Ya, artinya, foto itu milik situs tersebut.

Tampil dengan deretan thumbnail foto dan keterangan singkat resep di setiap lembarnya, membuat tampilan situs ini jadi penuh dan monoton. Kekurangan dari situs ini adalah tidak melengkapi diri dengan search engine.

Kendati demikian, yang menarik, Anda bisa dengan mudah berbagi resep ini lewat facebook, twitter, google, ataupun myspace.

Resepkita.com juga bisa Anda lirik. Situs ini tak sekadar menyediakan forum dimana Anda bisa berdiskusi dan tukar-menukar resep dengan pembaca lain. Resepkita.com juga kerap menampilkan iklan-iklan yang berkaitan dengan aktivitas dapur, seperti lomba kreasi resep, dan lainnya.

Belajar bikin sushi

Anda juga bisa menengok situs-situs luar negeri. Misalnya ingin belajar membuat sushi, klik saja www.japanesefood.about.com. Ada informasi lengkap soal masakan Jepang di sini. Dari resep dasar hingga resep yang rumit. Situs ini juga menyajikan table manner ala Jepang, sehingga Anda pun lebih pede untuk menyantap masakan dari negeri Matahari Terbit itu.

Yang menarik, beberapa resep di situs ini juga dilengkapi link tayangan video. Tak sekadar resep, juga ada tip-tip seputar dapur dan rumah.

Www.recipe.com juga situs yang menarik dikunjungi. Tampilannya tertata rapi dengan beragam informasi. Ada ribuan resep dari seluruh belahan dunia. Dari resep Eropa, Asia, hingga Afrika tersaji lengkap di situs ini. Juga dilengkapi foto-foto yang sangat mengundang selera. Yang menggiurkan, Anda juga bisa membuat masakan sehat. Sebab di situs ini juga tersedia menu-menu sehat. Anda bahkan bisa menyiapkan menu sehat setiap minggunya, lengkap dengan catatan kalori, protein, dan sebagainya. Cocok bagi Anda yang sedang berdiet.

(Tabloid Nova/Sukrisna)

Editor: Dini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Diposting oleh Rakhma di 14.04  

0 komentar:

Posting Komentar