TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia |

Tips Siapkan Masakan Sehat dan Lingkungan Sehat - Tribunnews

Selasa, 24 Agustus 2010

Walau sudah menjadi pekerjaan sehari-hari tapi tidak semua orang mengetahui bagaimana menyiapkan makanan yang sehat dan menghindari perkembangan bakteri.

Ada yang mengetahui cara sehat tapi tidak menerapkannya dan sebagian lagi memang belum mengetahui perilaku sehat di dapur. Mari biasakan hidup sehat di mana pun berada demi keluarga dan lingkungan tercinta.

Mencuci tangan
Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Tangan adalah media yang baik untuk kuman karena mudah menyebarkan kuman di sekitar dapur dan pada makanan.

Cuci tangan sebelum mempersiapkan makanan, setelah menyentuh daging atau ayam mentah, setelah dari toilet, setelah menyentuh tempat sampah, setelah memegang binatang piaraan.

Jangan lupa mengeringkan tangan karena jika basah lebih mudah untuk menyebarkan kuman.

Jika tidak ada air bersih yang mengalir dan sabun, maka sterilisasi tangan hendaknya dilakukan dengan bantuan cairan antiseptik praktis yang kini banyak beredar di pasaran.

Jagalah peralatan memasak tetap bersih, termasuk kebersihan meja dapur, peralatan memasak, papan tumis tetap bersih.

Selalu cuci bersih dengan air hangat dan sabun cair setelah digunakan untuk daging mentah. Lebih baik memisahkan papan tumis untuk daging mentah dengan makanan yang sudah siap saji.

Kain Lap
Penting untuk mencuci kain lap dan spons secara rutin dan keringkan sebelum digunakan kembali. Pisahkan kain lap meja dapur dengan lap piring. Atau gunakan kain disposable sehingga lebih kecil kemungkinannya sebagai tempat penyebaran kuman dibandingkan kain yang dipergunakan kembali.

Ingat, jangan gunakan kain lap cuci piring setelah digunakan untuk mengelap tangan dan jangan lupa untuk mengganti kain lap serta handuk secara rutin.

Diposting oleh Rakhma di 18.42  

0 komentar:

Posting Komentar